Rabu, 30 Januari 2013

Jenis Rem Mobil




Salah satu bagian terpenting di dalam mobil adalah Rem Mobil karena di dalam onderdil mobil tanpa menggunakan rem, si pengguna mobil tidak mungkin bisa sampai ke tempat tujuannya dengan selamat. Karena rem mempunyai peran yang sangat penting di dalam sebuah mobil, sekarang ini banyak majalah otomotif yang membuat dan menerbitkan artikel-artikel yang membahas mengenai cara memasang, merawat rem mobil serta menjelaskan mengenai sistem kerja dari sebuah rem.
Ada tiga jenis rem yaitu rem abs, rem tromol, dan rem hidrolik. Berikut ini merupakan penjelasan secara singkat mengenai ke tiga jenis rem tersebut:
- Pertama, rem tromol merupakan rem yang memiliki mekanisme dan sistem yang sederhana. Rem ini terdiri dari sepasang sepatu rem, pegas, tambatan rem, dan pendorong yang semuanya itu dipasang menjadi satu bagian pada hub roda setelah itu baru semuanya dipasang dalam sebuah tromol. Pada prinsipnya rem tromol akan selalu mengikut perputaran ban, dia hanya akan bekerja pada saat rem ditekan, pada saat rem ditekan inilah tromol menahan putaran ban atau menahan laju mobil.
- Kedua, rem abs atau yang biasa di kenal dengan sebutan rem anti terkuci merupakan sebuah sistem mekanisme pengereman. Pada sistem rem abs ini, mobil mengunci roda ketika terjadi pengereman mendadak. Jadi ketika anda melakukkan pengereman mendadak secara otomatis rem ini akan bekerja memperlambat laju mobil anda tersebut.
- Ketiga, rem hidrolik ini memiliki prinsip kerja yang menggunakan hukum pascal, yang mana pada hukum pascal tersebut kita harus memberikan sebuah gaya yang kecil untuk mengangkat gaya yang jauh lebih besar. Namun pada dasarnya cara kerja rem hidrolik ini, di butuhkan sebuah gaya agar dapat menjalankan sistem hidroliknya tersebut.
Berdasarkan dari penjelasan yang ada di atas, ketiga macam rem tersebut, semuanya memiliki peranan yang sangatlah penting . Jadi merawat dan menjaga kualitas dari rem mobil merupakan suatu kewajiban yang memang harus di laksanakan agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.
[Rasman.nur]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan ini formulir sebelum mengomentari